Minggu, 24 Juni 2012

EKTENSI FILE

       Ekstensi file (file extension) adalah huruf terakhir setelah titik pada nama file dan menunjukan jenis file. Misalkan nama file kamus.doc mempunyai ekstensi file .doc, dan merupakan file dokumen yang dibuat dengan MS Word.
Kita pernah memperhatikan nama-nama file (berkas) yang ada di komputer? Nah, pada nama-nama file (berkas) tersebut banyak akhiran file (berkas) yang mungkin belum kita ketahui artinya. Misalnya saja kita membuat file yang dibuat dengan program aplikasi Microsoft Word kemudian disimpan dengan nama "contoh". Maka jika kita lihat nama file tersebut dari windows explorer akan menjadi "contoh.doc". Nah, akhiran .doc inilah yang disebut dengan ekstensi file (nama ekstensi berkas).
Jadi, dengan kata lain, filename extension atau akhiran nama berkas digunakan untuk menandakan isi atau format dari berkas tersebut. Sebagai contoh .GIF menunjukkan berkas image (gambar) yang menggunakan format GIF, dan seterusnya. 

Berikut ini adalah beberapa daftar ekstensi berkas :
doc (document)
merupakan nama ekstensi berkas dalam Microsoft Word

xls (excel spreadsheet)
merupakan nama ekstensi berkas dalam Microsoft Excell

ppt (Powerpoint Presentation)
merupakan nama ekstensi berkas dalam Microsoft Power Point

htm, html (hyper text markup)
merupakan nama ekstensi berkas yang mendukung web design. Berkas dengan ekstensi .htm dapat dibuka dengan aplikasi "Notepad" atau dengan Microsoft Frontpage

txt (text)
merupakan nama ekstensi berkas dalam teks (berupa kode ASCII). Untuk membuka berkas dengan ekstensi ini cukup menggunakan aplikasi "Notepad"

gif (Graphics Interchange Format)
merupakan salah satu nama ekstensi gambar. Berkas ini dapat dibuka dan dimodifikasi dengan aplikasi Adobe Photoshop, atau dapat dibuka dengan aplikasi Internet explorer.

jpg, jpeg
sama dengan ekstensi .gif, ekstensi berkas jpeg dapat dibuka dan dimodifikasi dengan aplikasi Adobe Photoshop, atau dapat dibuka dengan aplikasi Internet explorer. File (berkas) gambar ini dikembangkan oleh "Joint Photographic Experts Group"

bmp (bitmap)
merupakan salah satu nama ekstensi gambar. Berkas ini dapat dibuka dan dimodifikasi dengan aplikasi Paintbrush, atau bisa juga dibuka dengan aplikasi Adobe Photoshop.

psd (Photoshop Data File)
merupakan salah satu nama ekstensi gambar yang hanya dapat dibuka dan dimodifikasi dengan aplikasi Adobe Photoshop.

zip
merupakan berkas yang dipadatkan (compress) dengan menggunakan format ZIP. Format ini umum di gunakan di sistem yang berbasis Windows. Kompresi dilakukan dengan menggunakan program PKZIP dan dibuka dengan menggunakan program PKUNZIP. Untuk versi Windows digunakan program Winzip.

pdf (Portable Document Format)
merupakan berkas dalam format Adobe PDF. Dapat dibuka dengan menggunakan program Adobe Acrobat Reader.

hlp
merupakan berkas bantuan. Biasanya berisi bantuan mengenai penggunaan sebuah software / aplikasi program.

gz (G-Zip)
berkas dikecilkan dengan menggunakan kompresi gzip (GNU zip). Umum digunakan pada sistem UNIX. Biasanya digabung dengan program tar.

mid, midi
merupakan berkas dengan format MIDI (lagu). Hanya dapat dibuka dengan software / aplikasi yang mendukung penggunaan MIDI.

ps
Berkas berisi format PostScript yang umum digunakan untuk printer PostScript. Berkas ini dapat juga dilihat dengan menggunakan PostScript viewer seperti Ghostscript. Atau dikonversikan ke format PDF dengan menggunakan Adobe Distiller.

rpm
RedHat (Linux) package
sdw
Berkas Star Office wordprocessor

tar
merupakan gabungan dari beberapa berkas yang dijadikan satu. Berkas ini dihasilkan dengan menggunakan program "tar" di sistem UNIX.
tar.gz, tgz
Merupakan gabungan pengolahan tar dengan gzip

tex
Berkas dalam format TeX atau LaTeX, text processor yang umum digunakan di sistem UNIX. (TeX dan LaTeX tersedia juga di berbagai sistem operasi, termasuk untuk Windows)

tro, troff
Format troff atau groff, yaitu text processor (layout) yang umum digunakan di sistem UNIX.

Mengenal ekstensi file

Saat Anda mengklik kanan pad file dan memilih Properties, pada bagian MS-DOS name pasti ada tulisan tiga huruf sesudah titik. Itulah yang dinamakan ekstensi file. Fungsinya adalah untuk mengetahui atau membedakan jenis file. Untuk mengetahui ekstensi file lainnya Anda bisa membuka Windows Explorer, lalu pilih menu View - Folder Options. Pindah ke tab Files Types. Di sana terdapat puluhan dan mungkin ratusan ekstensi file. Semakin banyak Anda menginstall aplikasi maka daftar ekstensi file yang ada akan semakin panjang. Di antara beberapa ekstensi file itu adalah sebagai
Ekstensi Jenis Aplikasi yang digunakan

Asm Source code pemrograman Assembly Sembarang teks editor, seperti MS Word, NotePad, Wordpad
Bat Teks MS Word, Notepad, WordPad, Edit (pd DOS prompt)
Bmp Image Sembarang image editor, seperti PhotoShop, PhotoPaint, Paint, dll
Cdr Corel Draw
Doc Docoument MS Word MS Word
Exe Aplikasi Merupakan file aplikasi
Fon File font Font Viewer
htm, html, shtml Internet Document Netscape Navigator, MS Internet Explorer, NeoPlanet
Gif Image, animasi Sembarang image editor. Sedangkan untuk membuat animasinya gunakan Ulead Gif Animator, Gif Construction Set, dll.
Ico File icon Microangelo
jpg/jpeg Image Sembarang image editor, seperti PhotoShop, PhotoPaint, Paint.
Log File log Sembarang teks editor
mp3 Audio WinAmp
Pas Source code bahasa pemrograman Pascal/Delphi Sembarang teks editor
Pdf Adobe Acrobat Reader
Psd Image Adobe PhotoShop
Reg File registry Regedit, untuk mengedit gunakan sembarang teks editor
Ttf File font Font Viewer
Txt Teks Sembarang teks editor
Zip File kompresi WinZip, WinRar


Menampilkan ekstensi file
Ekstensi file dapat dikatakan sebagai pengenal jenis file. Misalnya .doc untuk file MS Word, .cdr untuk Corel Draw, dan sebagainya. Secara default ekstensi file tesebut tidak akan kelihatan. Tetapi Anda bisa menampilkan ekstensi file tersebut sehingga Anda bisa lebih memahami tentang ekstensi file pada Windows Anda. Caranya sebagai berikut :
1. Dari Windows Explorer, klik menu View, pilih Folder Options.
2. Hilangkan tanda check (chenthang) pada bagian Hide file ekstention for known file types untuk menyembunyikan ekstensi file.
3. Sebaliknya beri tanda check untuk menyembunyikan ekstensi file dan menampilkan ekstensi file hanya untuk file yang tidak diketahui jenisnya.
 
Ekstensi File pada Windows

Ada banyak macam ekstensi file. Biasanya ekstensi sebuah file ditunjukkan dengan tiga buah abjad atau angka di belakang nama file yang dipisahkan dengan sebuah tanda titik. Masing-masing ekstensi file menunjukkan asosiasi sebuah file dengan program. Misalnya, nama_file.doc menyatakan file tersebut berupa dokumen yang bisa dibuka atau dieksekusi dengan program pengolah dokumen. Ekstensi file .xls berkaitan dengan worksheet, ada juga ekstensi file .psd dengan pengolah file image berbasis pixel,.hlp adalah file Help yang bisa dibuka dengan Windows Help, dan lain sebagainya.
Tidak ada satu file pun yang tidak memiliki ekstensi,termasuk file program. File program dikenali dengan ekstensi .exe, namun ada kalanya sebuah file ekstensinya tidak dikenali Windows. Sehingga tidak bisa dijalankan menggunakan program yang sudah tersedia. File-file seperti ini biasanya dikenali dengan icon-nya berupa logo Windows saat ditampilkan oleh Windows Explorer.
Hal seperti ini sering terjadi karena tidak ada program yang terinstal dalam Windows untuk mengolah file tersebut. Misalnya, Anda meletakkan sebuah file berekstensi .pmd atau .p65 pada sebuah komputer Windows yang tidak memiliki program Adobe Page-Maker, maka file tersebut tidak akan bisa dibuka oleh Windows.
Meskipun demikian, ada juga beberapa program dasar dalam Windows yang bisa digunakan untuk membuka file-file yang tidak dikenali. Misalnya, WordPad yang bisa digunakan untuk membuka hampir semua tipe file dokumen, atau ada juga Notepad, sebuah aplikasi text editor sederhana untuk mengubah beberapa file system.

Format Penamaan Ekstensi
Sebuah ekstensi file diberikan berdasarkan jenis file yang bersangkutan. Misalnya untuk file program, ekstensinya adalah .exe. Nama ektensi file ini berupa singkatan tiga abjad jenis filenya. Misalnya ekstensi .exe berasal dari jenis file EXEcutable. Demikian pula dengan file berektensi .doc yang diambil dari jenis file DOCument. Ada pula ekstensi file yang berasal dari singkatan, namun tetap menunjukkan jenis file-nya. Misalnya .bmp dari bitmap, .rtf dari rich text format dan seterusnya.
Ada cara mudah untuk melihat ekstensi file-file Anda saat dilihat di Windows Explorer. Pertama, buka Windows Explorer, pilih menu View | Folder Options untuk Windows versi 98 ke bawah, atau pilih menu Tools | Folder Option untuk Windows XP. Akan muncul sebuah kotak dialog, buka tab View dan hilangkan tanda centang pada option Hide file extentions for known file types. Setelah Anda mengklik OK dan kembali pada Windows Explorer, maka setiap file yang tampak akan disertai dengan ekstensinya masing-masing.
Penentuan ekstensi sebuah file bisa Anda lakukan saat menyimpan file tersebut. Misalnya pada Microsoft Office, Anda bisa menentukan ekstensi file yang Anda buat dengan menekan tombol scroll bawah pada kolom File Type dalam kotak dialog Save As, setelah memilih menu File | Save As.
Perubahan secara manual sebuah file juga bisa dilakukan, yakni setelah mengatur supaya Windows menampilkan ekstensi masing-masing file melalui Folder Options. Sorot sebuah file dan tekan tombol F2 atau klik kanan file tersebut dan pilih Rename. Beri nama baru jika perlu dan ubah semua, termasuk ekstensinya.

Program Under DOS
Pada Windows, terdapat juga beberapa ekstensi file yang mengasosiasikan file tersebut dengan MS-DOS. Misalnya .bat yang biasanya melekat pada file Autoexec. Ekstensi .bat sebenarnya merupakan sebuah file plain text seperti file.txt biasa. Bedanya, file ini tidak berisi hanya sekadar teks belaka, namun merupakan sederetan perintah yang akan dijalankan oleh Windows saat kali pertama booting.
Secara default, pada semua versi Windows selain Windows XP dan 2000, file Autoexec.bat hanya kosong belaka. Kecuali jika Anda menginstal program antivirus under DOS yang berjalan saat Windows booting, maka Autoexec.bat akan menampilkan sederetan command untuk menjalankan program antivirus dan program lain yang disebutkan di dalamnya.
Ada juga ekstensi file .com yang berasal dari jenis file COMmand. Filefile berekstensi .com biasanya merupakan subprogram yang melekat pada MS-DOS. Ekstensi file lain yang berasosiasi dengan MS-DOS adalah .pif. PIF singkatan dari Program Information File. File .pif berisi serangkaian data mengenai setting pada DOS


Ekstensi File pada Windows
Ada banyak macam ekstensi file. Biasanya ekstensi sebuah file ditunjukkan dengan tiga buah abjad atau angka di belakang nama file yang dipisahkan dengan sebuah tanda titik. Masing-masing ekstensi file menunjukkan asosiasi sebuah file dengan program. Misalnya, nama_file.doc menyatakan file tersebut berupa dokumen yang bisa dibuka atau dieksekusi dengan program pengolah dokumen. Ekstensi file .xls berkaitan dengan worksheet, ada juga ekstensi file .psd dengan pengolah file image berbasis pixel,.hlp adalah file Help yang bisa dibuka dengan Windows Help, dan lain sebagainya.
Tidak ada satu file pun yang tidak memiliki ekstensi,termasuk file program. File program dikenali dengan ekstensi .exe, namun ada kalanya sebuah file ekstensinya tidak dikenali Windows. Sehingga tidak bisa dijalankan menggunakan program yang sudah tersedia. File-file seperti ini biasanya dikenali dengan icon-nya berupa logo Windows saat ditampilkan oleh Windows Explorer.
Hal seperti ini sering terjadi karena tidak ada program yang terinstal dalam Windows untuk mengolah file tersebut. Misalnya, Anda meletakkan sebuah file berekstensi .pmd atau .p65 pada sebuah komputer Windows yang tidak memiliki program Adobe Page-Maker, maka file tersebut tidak akan bisa dibuka oleh Windows.
Meskipun demikian, ada juga beberapa program dasar dalam Windows yang bisa digunakan untuk membuka file-file yang tidak dikenali. Misalnya, WordPad yang bisa digunakan untuk membuka hampir semua tipe file dokumen, atau ada juga Notepad, sebuah aplikasi text editor sederhana untuk mengubah beberapa file system.

Virus Exploit
Jika Anda tiba-tiba menemui ekstensi pada file-file Anda berubah, waspadalah. Misalnya file .doc Anda tiba-tiba berubah menjadi .exe. Sehingga saat dieksekusi dengan mengklik ganda, bukannya membuka dokumen beserta aplikasi pengolahnya, tapi malah membuka DOS Prompt atau bisa jadi malah tidak terjadi efek apapun. Penyebab hal ini biasanya adalah serangan virus.
Mungkin Anda pernah membuka sebuah file attachment dari e-mail yang berisi AnnaKournikova.jpg. Alihalih menemui foto tubuh seksi pemain tenis Anna Kournikova, Anda justru mengeksekusi dan menjalankan virus yang cukup berbahaya. Hal ini terjadi karena sebenarnya file tersebut adalah AnnaKournikova.jpg.exe. Sebuah program, bukan file image.
Hal ini terjadi karena file AnnaKornikova tersebut sebenarnya memiliki nama panjang AnnaKornikova.jpg.exe. Namun yang tampak hanya “ekstensi” .jpg saja. Sedangkan 3 karakter ekstensi .exe yang merupakan ekstensi sebenarnya file tersebut, disembunyikan oleh Windows. Modus operasi ini banyak dilakukan virus klasik, sedangkan virus baru dan mutakhir lebih rumit lagi.
Cara menanggulanginya, tidak bisa bisa tidak, selalu update antivirus yang Anda miliki. Sedangkan pencegahannya juga menggunakan cara yang sama, yakni menggunakan antivirus yang selalu aktif saat Windows dijalankan.
Kurangi juga frekuensi transfer data dari tempat-tempat yang tidak bisa dijamin kebersihannya dari virus. Misalnya komputer publik, download file attachment sebuah e-mail dari pengirim yang tidak Anda kenali, atau bahkan membuka situs-situs yang memunculkan pop up untuk meminta Anda men-download terlebih dahulu sebuah program yang tidak Anda kenali nama dan fungsinya.
Waspadai file attachment berupa .exe, .scr atau ekstensi file lain yang tidak umum. Usahakan bertukar file dokumen dalam format .pdf. Selain lebih kecil ukurannya, keamanan juga lebih terjaga.
Jadi sekali lagi, waspadalah, waspadalah dan waspadalah melihat ekstensi file Anda berubah! Sebab, virus menyerang bukan saja karena niat virus tersebut untuk merusak. Namun juga karena adanya peluang.

Mengirim Attachment .exe Via Gmail
Tips lama, tetapi siapa tahu ada yang memerlukan. Saya teringat kembali karena baru saja mengirimkan attachment .exe.
Pengguna Gmail termasuk yang Gmail Hosted mungkin sudah mengetahui, bahwa ketika akan mengirim file executable seperti .exe, kita hanya akan mendapati pesan “This is an executable file. For security reasons, Gmail does not allow you to send this type of file.” Memang, dengan alasan keamanan, Google mempunyai kebijakan bahwa kita tidak dapat mengirim maupun menerima file executable tersebut, termasuk jika file ini dikompresi/di-zip (.zip, .tar, .tgz, .taz, .z, .gz).

Berikut dua cara (yang saya tahu) yang dapat dilakukan untuk ‘meloloskan’ file .exe sebagai attachment pada Gmail:
1. Mengkompresi dalam format .rar
Entah alasannya apa, format kompresi .rar yang didalamnya terdapat file berekstensi .exe–yang lolos scanner antivirus tentunya, dapat diterima oleh Gmail. Konsekuensinya, diperlukan software pengkompresi .rar seperti Winrar, begitu pula untuk penerima email untuk membukanya.
2. Mengubah ekstensi file
Dengan mengubah ekstensi file .exe, misalnya file nama_file.exe diubah menjadi nama_file.exe_hapus, ternyata Gmail meloloskan attachment tersebut. Termasuk di sini adalah file zip yang di dalamnya ada file .exe, jadi cukup mengubah nama ekstensi .zip-nya. Jika cara ini digunakan, jangan lupa memberitahu penerima email agar mengubah kembali ekstensinya menjadi yang seharusnya. Bagi pengguna Windows, untuk keperluan mengubah nama ekstensi melalui fasilitas Windows Explorer, tampilkan dulu ekstensi file-filenya melalui Tools — Folder Options.. Pada tab View, cari pengaturan Hide extensions for known file types dan buang tanda checklist-nya.
Dari hasil mencoba, file .zip (yang di dalamnya ada file .exe) yang diberi password, kemudian di-zip lagi dan juga diberi password, ternyata masih dapat membaca bahwa di dalamnya terdapat file .exe, dengan kata lain tidak lolos..

File audio
Format MP3 memang beken dalam peredaran musik di internet, baik melalui aplikasi peer-to-peer atau pun layanan download. Walau begitu, itu bukan berarti file audio dengan format lain tidak ada.

.mp3
Ekstensi seperti ini memang penanda untuk file MPEG-3. Aplikasi untuk memutar file jenis ini tak terhitung jumlahnya. Kebanyakan gratis pula. Namun, dengan aplikasi standar yang ada di Windows, yaitu Windows Media Player, Anda tetap bisa menikmati koleksi MP3 Anda.

.wav
Suara-suara untuk notifikasi sistem di Windows masih menggunakan format audio seperti ini. Berbeda dengan MP3, format ini cenderung gemuk. Anda bisa memutarnya dengan Windows Media Player.

.aif
CD audio komersial umumnya menggunakan format Audio Interchange File (aif), salah satu format audio digital dengan kualitas terbaik. Wajar kalau ukuran file dalam format ini rata-rata cukup besar. Untuk lagu berdurasi tiga menit saja, file .aif bisa memakan ruang hard disk sebesar 30 sampai 50 MB.

.ogg
Ogg Vorbis, begitulah nama lengkap format audio ini. Sebagian orang melihat kualitas format ini sedikit lebih baik dibanding MP3. Putarlah dengan Winamp versi terbaru, karena aplikasi tersebut sudah memiliki plug-in untuk membacanya.

.wma
Kependekan dari Windows Media Audio. Merupakan format asli file audio Windows Media Player yang dikembangkan oleh Microsoft. Rata-rata ukuran files berformat seperti ini lebih kecil dibanding format audio lainnya. Anda bisa memutarnya langsung dengan memilih [Windows Media Player] dari menu "Open With".

File video
Buat komputer-komputer zaman sekarang, memutar files video berdurasi panjang adalah hal yang gampang. DalamWindows, ada Windows Media Player yang bisa memutar hampir semua format video. Jika belum cukup, manfaatkan codec pembantu untuk memutar tipe file video lainnya.

.avi
Windows Media Player bisa memutar format ini, namun Anda perlu menginstal codec tambahan seperti Ace DivX Player yang bisa di-download gratis di www.soft32.com/download_4744.html.

.asx
Tipe seperti ini berisi link untuk video streaming yang diputar melalui jaringan internet. Gunakan Windows Media Player untuk memutarnya. File ini sendiri tidak benar-benar berisi data video di dalamnya.

.asf
Di dalamnya berisi data audio dan video. Anda bisa memutar files berekstensi ini dengan Windows Media Player.

.rm
Meski tidak bisa disimpan ke dalam PC, namun file Real Movie yang berekstensi .rm ini bisa dijalankan secara streaming via internet. Untuk memutar file ini Anda perlu aplikasi RealOne Player yang bisa diambil di www.realnetworks.com.

.mpeg dan .mpg
Format standar ini digunakan oleh kepingan DVD komersial. Karena ukurannya yang kecil, MPEG digunakan untuk mendistribusikan video lewat internet. Anda memerlukan codec agar bisa memutarnya di Windows Media Player.

.mov
Gunakan QuickTime Player, pemutar video buatan Apple, untuk menjalankan video berformat .mov. Kunjungi situs www.apple.com untuk men-download-nya.

File sistem
Beberapa tipe files akan langsung berjalan saat anda mengeklik-dobel file tersebut. Memang tidak bisa dijalankan dengan Microsoft Word dan Windows Media Player, karena file seperti di bawah ini merupakan file program atau sistem.

.exe
Ekstensi ini akan Anda temukan pada executable file. Merupakan file utama sebuah program dan berjalan secara otomatis saat Anda mengeklik-dobel.

.bat
Biasanya berisi sejumlah perintah yang dirancang untuk melakukan proses. Misalnya menyalin hard disk. File ini juga akan berjalan secara otomatis ketika diklik-dobel. Anda bisa menggunakan Notepad untuk membuat dan mengedit file ini.

.vbs
Ini adalah ekstensi dari file hasil olahan Visual Basic, aplikasi pemrograman yang dikembangkan Microsoft untuk membantu para programer membuat aplikasi berplatform Windows. Langsung saja klik-dobel untuk menjalankannya. Namun, hati-hati, virus komputer sering kali menggunakan format ini. Jika Anda menemukan e-mail dengan attachment berisi file berkestensi .vbs, hapus segera file tersebut. Sudah pasti itu virus.

Keterangan lain dari berbagai Extensi

PSD (Photoshop Document)
Format file ini merupakan format asli dokumen Adobe Photoshop. *Format ini mampu menyimpan informasi layer dan alpha channel yang terdapat pada sebuah gambar, sehingga suatu saat dapat dibuka dan diedit kembali. Format ini juga mampu menyimpan gambar dalam beberapa mode warna yang disediakan Photoshop. Anda dapat menyimpan dengan format file ini jika ingin mengeditnya kembali.

BMP (Bitmap Image)

Format file ini merupakan format grafis yang *fleksibel untuk platform Windows sehingga dapat dibaca oleh program grafis manapun. Format ini mampu menyimpan informasi dengan kualitas tingkat 1 bit samapi 24 bit.
*Kelemahan format file ini adalah tidak mampu menyimpan alpha channel serta ada kendala dalam pertukaran platform. Untuk membuat sebuah objek sebagai desktop wallpaper, simpanlah dokumen Anda dengan format file ini. Anda dapat mengkompres format file ini dengan kompresi RLE. Format file ini mampu menyimpan gambar dalam mode warna RGB, Grayscale, Indexed Color, dan Bitmap.

EPS (Encapsuled Postcript)
Format file ini merupakan format yang sering digunakan untuk keperluan pertukaran dokumen antar program grafis. Selain itu, format file ini sering pula digunakan ketika ingin mencetak gambar. *Keunggulan format file ini menggunakan bahasa postscript sehingga format file ini dikenali oleh hampir semua program persiapan cetak. *Kelemahan format file ini adalah tidak mampu menyimpan alpha channel, sehingga banyak pengguna Adobe Photoshop menggunakan format file ini ketika gambar yang dikerjakan sudah final. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, Lab, Duotone, Grayscale, Indexed Color, serta Bitmap. Selain itu format file ini juga mampu menyimpan clipping path.

JPG/JPEG (Joint Photographic Expert Group)
Format file ini *mampu mengkompres objek dengan tingkat kualitas sesuai dengan pilihan yang disediakan. Format file sering dimanfaatkan untuk menyimpan gambar yang akan digunakan untuk keperluan halaman web, multimedia, dan publikasi elektronik lainnya. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, dan Grayscale. Format file ini juga mampu menyimpan alpha channel, namun karena orientasinya ke publikasi elektronik maka format ini berukuran relatif lebih kecil dibandingkan dengan format file lainnya.

GIF (Graphic Interchange Format)
Format file ini *hanya mampu menyimpan dalam 8 bit (hanya mendukung mode warna Grayscale, Bitmap dan Indexed Color). Format file ini merupakan format standar untuk publikasi elektronik dan internet. *Format file mampu menyimpan animasi dua dimensi yang akan dipublikasikan pada internet, desain halaman web dan publikasi elektronik. Format file ini mampu mengkompres dengan ukuran kecil menggunakan kompresi LZW.

TIF (Tagged Image Format File)
Format file ini *mampu menyimpan gambar dengan kualitas hingga 32 bit. Format file ini juga dapat digunakan untuk keperluan pertukaran antar platform (PC, Machintosh, dan Silicon Graphic). Format file ini merupakan salah satu format yang dipilih dan sangat disukai oleh para pengguna komputer grafis terutama yang berorientasi pada publikasi (cetak). Hampir semua program yang mampu membaca format file bitmap juga mampu membaca format file TIF.

PCX
Format file ini dikembangkan oleh perusahaan bernama Zoft Cooperation. Format file ini merupakan format yang *fleksibel karena hampir semua program dalam PC mampu membaca gambar dengan format file ini. Format file ini mampu menyimpan informasi bit depth sebesar 1 hingga 24 bit namun tidak mampu menyimpan alpha channel. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, Grayscale, Bitmpa dan Indexed Color.

PDF (Portable Document Format)
Format file ini digunakan oleh Adobe Acrobat, dan dapat digunakan oleh grafik berbasis pixel maupun vektor. *Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, Indexed Color, Lab Color, Grayscale dan Bitmap. *Format file ini tidak mampu menyimpan alpha channel. Format file ini sering menggunakan kompresi JPG dan ZIP, kecuali untuk mode warna Bitmap yaitu menggunakan CCIT.
PNG (Portable Network Graphic)
Format file ini *berfungsi sebagai alternatif lain dari format file GIF. Format file ini digunakan untuk menampilkan objek dalam halaman web. *Kelebihan dari format file ini dibandingkan dengan GIF adalah kemampuannya menyimpan file dalam bit depth hingga 24 bit serta mampu menghasilkan latar belakang (background) yang transparan dengan pinggiran yang halus. Format file ini mampu menyimpan alpha channel.


PIC (Pict)
*Format file ini merupakan standar dalam aplikasi grafis dalam Macintosh dan program pengolah teks dengan kualitas menengah untuk transfer dokumen antar aplikasi. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB dengan 1 alpha channel serta Indexed Color, Grayscale dan Bitmap tanpa alpha channel. Format file ini juga menyediakan pilihan bit antara 16 dan 32 bit dalam mode warna RGB.

TGA (Targa)
Format file ini didesain untuk platform yang menggunakan Targa True Vision Video Board. *Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB dalam 32 bit serta 1 alpha channel, juga Grayscale, Indexed Color, dan RGB dalam 16 atau 24 bit tanpa alpha channel. *Format file ini berguna untuk menyimpan dokumen dari hasil render dari program animasi dengan hasil output berupa sequence seperti 3D Studio Max.


IFF (Interchange File Format)
Format file ini *umumnya digunakan untuk bekerja dengan Video Toaster dan proses pertukaran dokumentasi dari dan ke Comodore Amiga System. Format file ini dikenali hampir semua program grafis yang terdapat dalam PC serta mampu menyimpan gambar dengan mode warna Bitmap. *Format file ini tidak mampu menyimpan alpha channel.

SCT (Scitex Continous Tone)
Format file ini digunakan *untuk menyimpan dokumen dengan kualitas tinggi pada komputer Scitex. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, dan Grayscale *namun tidak mampu menyimpan alpha channel.


PXR (Pixar)
Format file ini *khusus untuk pertukaran dokumen dengan Pixar Image Computer. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB dan Grayscale dengan 1 alpha channel.

RAW
Format file ini merupakan format file yang fleksibel untuk pertukaran dokumen antar aplikasi dan platform. Format file ini mampu menyimpan mode warna RGB, CMYK, dan Grayscale dengan 1 alpha channel serta mode warna Multichannel, Lab Color dan Duotone tanpa alpha channel.

DCS (Dekstop Color Separation)
Format file ini dikembangkan oleh Quark dan merupakan format standar untuk .eps. Format ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna Multichannel dan CMYK dengan 1 alpha channel dan banyak spot channel. Format file ini mampu menyimpan clipping path dan sering digunakan untuk proses percetakan (publishing).
Ketika menyimpan file dalam format ini maka yang akan tersimpan adalah 4 channel dari gambar tersebut dan 1 channel preview.


FORMAT KOMPRESI

Beberapa program terutama yang berorientasi pada publikasi elektronik dan multimedia selalu memerlukan format file yang berukuran kecil agar ketika dibuka tidak akan lambat. Untuk keperluan tersebut diperlukan kompresi.
Berikut ini format file yang berorientasi publikasi elektronik dan multimedia dengan kompresinya masing-masing.


RLE (Run Length Encoding)
Kompresi ini mampu mengkompres file tanpa menghilangkan detail. Digunakan oleh Adobe Photoshop, TIFF dan sebagian besar program yang terdapat dalam Windows.

LZW (Lemple-Zif-Welf)

Sama seperti kompresi RLE, kompresi ini juga mampu mengkompres file tanpa menghilangkan detail. Kompresi ini digunakan oleh TIFF, PDF, GIF, dan format yang mendukung bahasa postscript. Kompresi ini sangat baik untuk mengkompres gambar dengan area besar yang menggunakan 1 warna.


JPG (Joint Photographic Experts Group)
Format ini mengkompres file dengan menghilangkan detail. Format file ini sering digunakan oleh JPG, PDF, dan format yang menggunakan bahasa postscript. Kompresi ini sangat baik digunakan untuk gambar dengan continous tone seperti foto.


CCIT
CCIT merupakan singkatan dari bahasa Perancis yang dalam bahasa Inggris disebut International Telegraph and Telekeyed Consultive Commitee.
Kompresi ini digunakan untuk mengkompres gambar hitam putih, dan mampu mengkompres file tanpa menghilangkan detailnya. Kompresi ini sering digunakan oleh PDF dan format lain yang menggunakan bahasa postscript.

CATATAN

* Ketika menyimpan dokumen pada format file yang tidak dapat menyimpan informasi layer, maka Anda harus mengubah gambar tersebut menjadi flaten image terlebih dulu.
* Format file yang dapat menyimpan mode warna Duotone hanyalah EPS, RAW, dan PSD. Oleh karena itu, ketika ingin menyimpan dalam format lain maka Anda harus mengubah mode warnanya terlebih dulu, menjadi RGB bila dokumen tidak ingin dicetak, karena informasi Duotone-nya akan diuraikan menjadi RGB.
* Format file yang dapat menyimpan mode warna Lab Color hanyalah PSD, RAW, TIF, PDF, dan EPS. Format file yang dapat menyimpan mode warna CMYK hanyalah PSD, RAW, EPS, TIF, JPG, PDF, dam SCT.
* Mode warna Indexed Color dapat menyimpan beberapa format file sesuai seting indexed color-nya.
* Mode warna RGB dapatdisimpan pada semua format file yang ada di Adobe Photoshop.
* Format yang direkomendasikan oleh para desainer profesional adalah:
o PSD = untuk dokumen yang masih ingin diedit kembali
o EPS = untuk dokumen yang sudah final untuk persiapan cetak
o JPG = untuk cetak dengan kompresi di atas 8 bit dan untuk foto dalam web dengan kompresi di bawah 5.
o GIF = untuk ilustrasi dan animasi pada halaman web.
o TIF = untuk cetak, pertukaran dokumen antar platform serta sequence animasi

Format / Extensi Gambar

Sekedar memberi tau ja nich sapa tau blom ada atau kurang mengerti tentang format atau extensi gambar pada umumnya enxtensi gambar terbagi menjadi beberapa bagian yaitu .gif, .jpg / .jpeg, .png, .bmp.

Graphics Interchange Format (GIF) merupakan salah satu format gambar yang banyak digunakan. Beberapa karakteristik format gambar GIF:
- Mampu menayangkan maksimum sebanyak 256 warna karena format GIF menggunakan 8-bit untuk setiap pixel-nya.
- Mengkompresi gambar dengan sifat lossless
- Mendukung warna transparan dan animasi sederhana
Format GIF pertama kali diperkenalkan oleh CompuServe pada 1987.
Animated GIF
Salah satu jenis format GIF adalah GIF89a. GIF dengan format ini dapat menampilkan gambar animasi atau disebut animated GIF.

  Joint Photographic Experts Group (JPEG) adalah format gambar yang banyak digunakan untuk menyimpan gambar-gambar dengan ukuran lebih kecil. Beberapa karakteristik gambar JPEG:
- Memiliki ekstensi .jpg atau .jpeg.
- Mampu menayangkan warna dengan kedalaman 24-bit true color.
- Mengkompresi gambar dengan sifat lossy.
- Umumnya digunakan untuk menyimpan gambar-gambar hasil foto.
Kompresi JPEG yang makin menurun dari kiri ke kanan

PNG (Portable Network Graphics) adalah salah satu format penyimpanan citra yang menggunakan metode pemadatan yang tidak menghilangkan bagian dari citra tersebut (Inggris lossless compression).
PNG dibaca "ping", namun biasanya dieja apa adanya - untuk menghindari kerancuan dengan istilah "ping" pada jaringan komputer.
Format PNG ini diperkenalkan untuk menggantikan format penyimpanan citra GIF. Secara umum PNG dipakai untuk Citra Web (Jejaring jagad Jembar - en:World Wide Web).

Untuk Web, format PNG mempunyai 3 keuntungan dibandingkan format GIF:
- Channel Alpha (transparansi)
- Gamma (pengaturan terang-gelapnya citra en:"brightness")
- Penayangan citra secara progresif (progressive display)
Selain itu, citra dengan format PNG mempunyai faktor kompresi yang lebih baik dibandingkan dengan GIF (5%-25% lebih baik dibanding format GIF). Satu fasilitas dari GIF yang tidak terdapat pada PNG format adalah dukungan terhadap penyimpanan multi-citra untuk keperluan animasi. Untuk keperluan pengolahan citra, meskipun format PNG bisa dijadikan alternatif selama proses pengolahan citra - karena format ini selain tidak menghilangkan bagian dari citra yang sedang diolah (sehingga penyimpanan berulang ulang dari citra tidak akan menurunkan kualitas citra) namun format JPEG masih menjadi pilihan yang lebih baik.

Bitmap (BMP) adalah representasi dari citra grafis yang terdiri dari susunan titik yang tersimpan di memori komputer. Dikembangkan oleh Microsoft dan nilai setiap titik diawali oleh satu bit data untuk gambar hitam putih, atau lebih bagi gambar berwarna. Ukuran sebenarnya untuk n-bit (2n warna) bitmap dalam byte dapat dihitung:
ukuran file BMPdimana tinggi dan lebar dalam pixel.
Kerapatan titik-titik tersebut dinamakan resolusi, yang menunjukkan seberapa tajam gambar ini ditampilkan, ditunjukkan dengan jumlah baris dan kolom, contohnya 1024x768.
Untuk menampilkan citra bitmap pada monitor atau mencetaknya pada printer, komputer menterjemahkan bitmap ini menjadi pixel (pada layar) atau titik tinta (pada printer). Beberapa format file bitmap yang populer adalah BMP, PCX dan TIFF.

 Sumber :
-Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar